Rengasdengklok Saksi Penting Sejarah Kemerdekaan RI, Sekarang Jadi Wisata Perjuangan

Rengasdengklok Saksi Penting Sejarah Kemerdekaan RI, Sekarang Jadi Wisata Perjuangan

Tugu Proklamasi Rengasdengklok-Istimewa-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Rengasdengklok, nama itu tentu tak asing lagi terutama jika pernah belajar sejarah perjuangan Indonesia. Nama Rengasdengklok kerap muncul, tapi tentu tidak banyak yang mengetahui lokasi dan seperti apa sekarang. 

Rengasdengklok, merupakan salah satu desa kecil di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rengdengklok menyimpan segudang kisah perjuangan.  

Nama Rengasdengklok menjadi terkenal karena peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi di sana pada tanggal 16 Agustus 1945.

BACA JUGA:Inilah Sinopsis dan Link Nonton Film Miracle in Cell No. 7, Kreen Banget!

Presiden dan Wakil Presiden pertama RI yakni Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta yang saat pernah, dibawa oleh kelompok pemuda kecil ke sebuah rumah di Rengasdengklok untuk mencegah mereka ditangkap oleh pihak Belanda.

Kelompok pemuda ini dipimpin oleh seorang tokoh pemuda bernama Soekarni.

BACA JUGA:Indonesia Mendapatkan Tambahan Kuota 8000 Jemaah Haji dari Pihak Saudi

Di rumah tersebut, Soekarno dan Hatta kemudian dipaksa untuk segera membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia, yang telah ditulis sebelumnya oleh Soekarno, Hatta, dan beberapa tokoh pergerakan nasional lainnya.

Akhirnya, proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta. Peristiwa Rengasdengklok menjadi momen penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, karena mengarah pada pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang mengakhiri lebih dari tiga setengah abad penjajahan Belanda di Indonesia.

Oleh karena itu, Rengasdengklok dianggap sebagai salah satu tempat bersejarah yang penting bagi kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Ketua KPU Karawang Mundur, Miftah Farid: Hasil Istikharah

Memiliki Objek Wisata Sejarah

Selain menjadi tempat bersejarah, Rengasdengklok juga dijadikan sebagai nama jalan dan stasiun kereta api yang terletak di sekitar desa tersebut. Jalan Rengasdengklok menjadi salah satu jalan utama yang menghubungkan antara Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

Di Rengasdengklok juga terdapat beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi, seperti situs sejarah Rengasdengklok, Museum Rengasdengklok, dan Air Terjun Cimahi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: